Tautan-tautan Akses

AS Selidiki Korban Jiwa Sipil akibat Serangan Koalisi di Afghanistan


Pemerintah Amerika mengatakan mereka sedang menyelidiki kembali korban jiwa sipil akibat serangan koalisi di Afghanistan setelah memperoleh gambar-gambar baru setelah serangan.

Seorang jurubicara departemen pertahanan mengatakan hari Senin bahwa gambar tersebut baru-baru ini diserahkan kepada panglima tertinggi NATO dan Amerika di Afghanistan, Jenderal David McKierman.

Media berita internasional menayangkan video amatir hari Senin yang menunjukkan beberapa jenazah yang diletakkan di desa Azizabad, di bagian barat, dimana serangan bersama Afghanistan-Amerika dilakukan tanggal 22 Augustus. Video itu tampaknya menunjukkan jenazah sipil, bukan militan.

Pejabat Afghanistan dan PBB telah mengatakan kira-kira 90 penduduk desa tewas dalam operasi itu, termasuk 60 anak-anak. Penyelidikan awal militer Amerika mendapati bahwa 5 hingga 7 orang sipil tewas, bersama 35 orang militan.

Jurubicara pertahanan Amerika mengatakan tampaknya bukti yang digunakan militer Amerika untuk melakukan penyelidikan semula tidak lengkap.

XS
SM
MD
LG