Tautan-tautan Akses

PM India Bersumpah Hancurkan Pelaku Ledakan Bom di Ahmedabad


Perdana menteri India, Manmohan Singh bersumpah akan menghancurkan mereka yang bertanggungjawab atas ledakan bom hari Sabtu yang menewaskan sedikitnya 45 orang dan melukai 160 lagi di Ahmedabad, negarabagian Gujarat. Perdana Menteri Singh bersama ketua Partai Kongres Sonia Gandhi hari Senin menjenguk para korban di kota itu.

Berbicara di sebuah rumah sakit yang diterjang bom Singh mengatakan serangan teroris itu bertujuan menghancurkan jaringan sosial dan keharmonisan masyarakat India.

Kelompok yang menyebut diri Mujahidin India telah mengaku bertanggungjawab atas 16 ledakan yang terkordinasi yang menggoncang Ahmadabad hari Sabtu itu.

Lewat E-mail kelompok itu mengatakan pihaknya sedang melakukan pembalasan di Gujarat. Maksudnya huru-hara disertai kekerasan enam tahun lalu di sana ketika masa Hindu membunuh sekitar dua ribu orang umumnya Muslim.

Polisi sedang menginterogasi beberapa orang termasuk seorang anggota Gerakan Mahasiswa Islam yang terlarang di India dan dikatakan mempunyai kaitan dengan huru-hara dulu.

XS
SM
MD
LG