Tautan-tautan Akses

Para Menlu Ke-6 Negara akan Adakan Pertemuan di Singapura


Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan para menteri luar negeri dari ke-6 negara yang terlibat dalam pembicaraan perlucutan senjata nuklir Korea Utara akan mengadakan pertemuan di Singapura pekan depan.

Pejabat itu mengatakan pertemuan itu akan diadakan di sela-sela Forum Kawasan ASEAN. Ini adalah pertama kalinya para menteri luar negeri dari Amerika Serikat, Rusia, Cina, Jepang, dan kedua Korea akan mengadakan pembicaraan mengenai program nuklir Pyongyang.

Pejabat tersebut mengatakan pembicaraan itu adalah pertemuan yang tidak resmi, dan tidak diperkirakan akan menghasilkan persetujuan apapun.

Pertemuan tingkat tinggi itu akan diadakan beberapa minggu setelah Korea Utara menyerahkan pengungkapan kegiatan nuklirnya yang sudah lama tertunda, yang mengakhiri kemacetan selama berbulan-bulan.

Dalam pembicaraan yang diadakan pekan lalu, Pyongyang setuju melumpuhkan sarana penghasil plutonium utamanya sebelum akhir Oktober, dan mengizinkan peninjauan di tempat untuk memeriksa kebenaran kegiatan nuklir yang telah diungkapkan Pyongyang itu.

XS
SM
MD
LG