Tautan-tautan Akses

Cyprus Sepakat Adakan Perundingan Damai dengan Cyprus-Turki


Presiden Cyprus Dimitris Christofias mengatakan ia tidak mempunyai pilihan strategi bagi perdamaian mengenai pulau yang terpecah selain berunding langsung dengan pemimpin Cyprus Turki Mehmet Ali Talat.

Christofias berbicara kepada para wartawan hari Selasa di Nicosia. Ia mengatakan tidak ada rencana B dan mengatakan ia berharap Talat juga tidak punya pilihan lain selain berunding.

Kedua pemimpin bulan lalu setuju, untuk bertemu kembali tanggal 25 Juli dimana mereka akan memutuskan apakah akan menuju perundingan penuh untuk menyelesaikan perpecahan di pulau di laut tengah itu. Namun ia menolak batas waktu apapun.

Utusan khusus Amerika, Asisten Menteri Luar Negeri Daniel Fried mengatakan hari Senin ia melihat sebuah kesempatan nyata menuju sebuah penyelesaian.

Harapan untuk menyelesaikan kemacetan itu meningkat pada bulan Februari dengan pemilihan Christofias. Segera setelah terpilih menjadi Presiden, pemimpin CyprusYunani tersebut bertemu dengan Talat dan setuju untuk memulai lagi perundingan.

XS
SM
MD
LG