Tautan-tautan Akses

Turki Tangkap Empat Orang Dalam Tuduhan Rencanakan Kudeta


Media Turki mengatakan polisi secara resmi telah menangkap empat orang yang dituduh merencanakan kudeta untuk menggulingkan pemerintahan yang berhaluan Islam.

Berita-berita hari Sabtu mengatakan ketua kamar dagang Ankara Sinan Aygun di antara empat orang yang ditahan. Jaksa juga minta kepada pengadilan agar menahan mantan Jenderal Sener Eruygur dan mantan Jenderal Hursit Tolon.

Pihak berwajib mengatakan mereka telah membongkar rencana kudeta itu dalam penggerebekan terhadap yang dicurigai sebagai anggota-anggota sebuah jaringan sekularis garis keras.

Mereka mengatakan para tersangka merencanakan melancarkan aksi protes tidak syah di berbagai bagian Turki 7 Juli ini, melancarkan aksi pembunuhan dan memicu pertempuran dengan pasukan keamanan.

Polisi Turki telah menahan 21 orang yang dicurigai sebagai anggota jaringan itu hari Selasa. Golongan oposisi mengecam penahanan itu, menyebutnya bagian kampanye pemerintah untuk mengintimidasi para pengecam.

Seorang pejabat partai yang bermuasa, Dengir Mir Mehmet Firat menolak tuduhan itu dan mengatakan pemerintah bertindak sesuai dengan kewajibannya.

XS
SM
MD
LG