Tautan-tautan Akses

Bush Minta Israel untuk Berkorban, Desak Palestina Perangi Teror


Presiden Amerika George Bush mengatakan Israel harus membuat pengorbanan yang berat, dan Palestina harus memerangi terorisme guna mencapai kesepakatan perdamaian tahun ini.

Bush membuat komentar itu hari Minggu di Sharm el Sheikh dalam sebuah forum para pemimpin politik dan bisnis. Ia kemudian berangkat pulang ke Washington, mengakhiri lawatan lima hari ke Timur Tengah.

Dalam pidatonya, Bush menekankan kembali komitmennya untuk mengusahakan kesepakatan bagi pembentukan negara Palestina pada saat ia meninggalkan jabatannya Januari mendatang. Ia juga menyerukan Israel agar melonggarkan pembatasan terhadap Palestina, serta mendesak Palestina agar terus membangun lembaga-lembaga bagi suatu masyarakat yang bebas dan damai.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan Minggu, rakyatnya marah dengan pujian Bush untuk Israel dalam pidatonya dihadapan parlemen Israel Kamis lalu.

Bush hanya secara singkat menyebutkan aspirasi penciptaan negara Palestina dalam pidatonya, dan pidatonya ditujukan pada peringatan 60 tahun pembentukan Israel.

XS
SM
MD
LG