Tautan-tautan Akses

Afghanistan Tahan Pemuda Pakistan Tertuduh Rencanakan Bom Bunuh Diri


Pasukan keamanan Afghanistan menahan seorang pemuda Pakistan berumur 15 tahun yang dituduh berencana melakukan pemboman bunuh diri. Seorang pejabat intelijen Afghanistan mengatakan, pemuda bernama Shakirulla itu didorong agar melakukan pemboman bunuh diri oleh seorang guru di sebuah madrasah dekat perbatasan Afghanistan. Pemuda itu ditangkap pekan lalu setelah ia menyeberang ke provinsi Khost di Afghanistan timur.

Dalam perkembangan lain, para pejabat NATO mengatakan, seorang tentara Denmark tewas hari Rabu ketika Taliban menyerang patrolinya di Afghanistan selatan. Seorang tentara Denmark lain cedera dalam insiden di Helmand itu.

Sementara itu, pemberontak menyerang patroli tentara Jerman di provinsi Kunduz, Afghanistan utara, membuat tiga tentara Jerman luka-luka, dua di antaranya luka berat.

Secara terpisah, pihak berwenang Pakistan mengatakan, kaum militan menyergap sebuah ambulans di wilayah kesukuan dekat perbatasan Afghanistan, menewaskan enam orang.

Dikatakan, enam lelaki bersenjata menembaki ambulans itu hari Kamis, selagi mobil itu membawa penumpang ke pertemuan di wilayah kesukuan Kurram. Motif serangan itu tidak diketahui.

Dalam perkembangan lain, polisi Pakistan mengatakan, mereka telah menahan dua orang militan yang dituduh terlibat dalam pemboman bunuh diri belum lama ini di Lahore. Serangan itu menarget sebuah Akademi Angkatan Laut, sebelumnya bulan ini, dan polisi yang menjaga gedung Mahkamah Tinggi bulan Januari. Sekurang-kurangnya 28 orang tewas.

XS
SM
MD
LG