Tautan-tautan Akses

Kepolisian Cina Menahan sampai 60 Bikhsu yang Berdemonstrasi di Ibukota Tibet Lhasa


Pihak kepolisian Cina telah menahan sampai 60 bikhsu yang berdemonstrasi di ibukota Tibet Lhasa untuk menuntut pembebasan para bikhsu yang ditahan Oktober lalu. Radio Free Asia melaporkan hari ini bahwa penahanan itu terjadi Senin kemarin setelah kira-kira 300 bikhsu berbaris dari biara Drepung di luar Lhasa untuk menuntut pembebasan para bikhsu yang ditahan tahun lalu setelah Dalai Lama dianugerahi medal Kongresional di Amerika Serikat.

Laporan itu mengatakan polisi juga menahan 11 orang yang berdemonstrasi di Lhasa pusat. Jurubicara kementerian luar negeri Cina Qin Gang mengatakan, demonstrasi di Lhasa Senin kemarin itu adalah tindakan ilegal yang mengganggu ketertiban masyarakat.

Dia mengemukakan: Katanya para peserta demonstrasi adalah para biksu yang tidak mengerti apa-apa, dan menurutnya, pemerintah Cina akan terus melarang aktivitas illegal ini untuk menerapkan ketertiban sosial dan keamanan nasional.

Di tempat lain, pemerintah India menghentikan perjalanan simbolis ke tanah air mereka, Senin kemarin, oleh orang-orang Tibet yang mengasingkan diri, sebagai bagian dari demonstrasi yang dikelola sehubungan dengan Olimpiade Beijing.

XS
SM
MD
LG