Tautan-tautan Akses

Obama dan McCain Memenangkan Pemilihan Pendahuluan Calon Presiden


Senator dari partai Demokrat Barack Obama dan Senator dari partai Republik John McCain telah memenangkan pemilihan pendahuluan calon Presiden dalam partai masing-masing hari Selasa di kota Washington, DC, Maryland, dan Virginia. Setelah sebagian besar suara dihitung, Obama mengalahkan Senator Hillary Clinton dengan selisih dua angka di Virginia dan ibukota Amerika, dan unggul dengan selisih suara besar di Maryland.

Ujar Obama: "Kita menang di Maryland, menang di Virginia, dan walaupun kita menang pula Washington, D.C., gerakan ini tidak akan berhenti sampai ada perubahan di Washington, D.C. Dan, malam ini kita sedang menuju ke sana.

Dengan kemenangannya kemarin, ia diperkirakan akan mengatasi keunggulan tipis Senator Hillary Clinton dalam jumlah perolehan delegasi yang diperlukan untuk memenangkan calon presiden dari partai mereka.

Ketika berpidato di hadapan pendukungnya di Madison, Wisconsin, Obama menyinggung tema kampanyenya, yakni, harapan dan perubahan, dan menonjollkan perbedaan antara dirinya dan McCain, yang kemungkinan akan menjadi calon Presiden dari partainya.

McCain juga meraih kemenangan yang besar di Virginia dan Washington DC, setelah mendapat tantangan kuat dari mantan Gubernur Arkansas, Mike Huckabee. Ia juga mempunyai keunggulan besar di Maryland. Senator kawakan yang mewakili Arizona itu mendamprat Obama dan Clinton dalam pidatonya kepada para pendukungnya di Alexandria, Virginia, dengan mengatakan jangan membiarkan salah satu dari mereka memenangkan Gedung Putih.

XS
SM
MD
LG