Tautan-tautan Akses

Putin: Percobaan Misil Balistik akan Perkuat Pertahanan Rusia


Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, percobaan peluncuran misil balistik antar benua yang dilakukan kemarin akan memperkuat pertahanan Rusia.Ini dikatakan oleh Putin setelah menerima laporan tentang percobaan missil itu dari menteri pertahanan Anatoly Serdyukov.

Misil itu diluncurkan dari pusat antariksa Rusia di Plesetsk, di bagian barat laut, ke sasaran yang terletak di jazirah Kamchatka, 7000 km ke sebelah Timur. Angkatan laut Rusia juga dilaporkan berhasil meluncurkan misil dari kapal selam di laut Barents.

Kata pejabat Rusia misil balistik jarak jauh yang disebut ES-24 itu bisa digunakan untuk melawan sistem pertahanan misil manapun.

Sementara itu, Rusia dilaporkan sepakat akan menjual misil-misil anti pesawat terbang kepada Iran. Sistem pertahanan udara S-300 itu punya sistem radar untuk melacak banyak sasaran sekaligus, dan menghancurkan sasaran yang terbang rendah sampai sasaran yang berada 27 kilometer diatas permukaan bumi.

Pengumuman Iran itu dikeluarkan ketika adanya ketegangan yang disebabkan program nuklir Iran, yang kata dunia barat ditujukan untuk membuat senjata nuklir.

Laporan intelijen Amerika yang dikeluarkan belum lama ini menyebut bahwa Iran telah menghentikan program nuklirnya empat tahun yang lalu, tapi pemerintah Amerika tidak mengenyampingkan kemungkinan serangan militer untuk menghancurkan proyek senjata nuklir yang dicurigai.


XS
SM
MD
LG