Tautan-tautan Akses

Menhan AS Robert Gates Evaluasi Kebutuhan Militer di Afghanistan


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan ia terus mendesak negara-negara NATO supaya memenuhi janji mereka untuk ikut menjaga keamanan dan membangun kembali Afghanistan.

Gates, yang kini berkunjung ke Afghanistan, juga memberitahu para wartawan bahwa Amerika telah menetapkan dana signifikan untuk ikut melatih dan melengkapi tentara Afghanistan memerangi pemberontak Taliban dan terus mengalokasi bantuan keuangan yang bahkan lebih banyak lagi.

Menteri Pertahanan Amerika membuat pernyataan itu setelah pertemuan dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan dengan para pemimpin militer Amerika, NATO dan Afghanistan.

Gates mengatakan banyak komandan memberitahunya salah satu alasan utama di belakang peningkatan kekerasan di Afghanistan dalam dua tahun ini adalah semua pasukan kini lebih agresif dalam mengejar militan Taliban. Akibatnya, ujar dia, lebih banyak insiden kekerasan.

Selasa pagi, pemimpin angkatan darat Afghanistan memberitahu Menteri Gates bahwa bantuan militer lebih banyak sangat diperlukan. Jenderal Bismillah Khan meminta pelatih dan perlengkapan dari Amerika yang lebih banyak, termasuk senjata ringan dan mortir.


XS
SM
MD
LG