Tautan-tautan Akses

Menlu Saudi: OPEC Sebaiknya Tak Komentari Lemahnya Nilai Dolar AS


Menteri Luar Negeri Arab Saudi mengatakan kepada rekan-rekannya hari ini, OPEC seyogianya menghindari menyatakan keprihatinan atas melemahnya nilai dollar Amerika. Iran dan Venezuela mendesak dilakukan pembicaraan mengenai dollar pada KTT OPEC mendatang ini. Minyak secara tradisional ditetapkan harganya dengan dollar, sehingga kejatuhan nilai mata uang itu ikut berperan pada kenaikan harga minyak.

Pejabat Arab Saudi itu mengatakan keluhan publik mengenai masalah dengan dollar hanya akan membuat nilai mata uang itu jatuh lebih jauh. Pembicaraan mereka secara kebetulan didengar para wartawan melalui jaringan televisi sirkuit tertutup.

Para menteri OPEC melakukan pertemuan di Riyadh, Arab Saudi hari ini menjelang KTT para pemimpin OPEC, yang dibuka hari Sabtu. KTT para kepala negara ini baru untuk yang ketiga kali sejak OPEC dibentuk tahun 1960.

Sebelumnya, negara-negara OPEC mengatakan peningkatan produksi minyak tidak akan mempunyai dampak terhadap harga minyak di dunia. Para menteri dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak itu mengatakan bahwa kenaikan harga minyak sekarang ini tidak ada kaitan dengan kurangnya persediaan. Para penghasil minyak itu menyalahkan menurunnya nilai dolar Amerika yang dimulai hari Sabtu yang lalu.

Dalam konferensi itu, para pemimpin ke 12 negara anggota OPEC diperkirakan akan mengumumkan dana untuk mendukung prakarsa lingkungan untuk mengurangi emisi karbon dioksida. KTT kepala-kepala negara ini yang ketiga kalinya sejak OPEC didirikan pada tahun 1960.

XS
SM
MD
LG