Tautan-tautan Akses

IAEA Mengaku Tak Punya Informasi Soal Fasilitas Nuklir di Syria


Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) menjelaskan pihaknya tidak mempunyai informasi untuk mendukung laporan media belum lama ini tentang adanya fasilitas nuklir yang tidak dilaporkan di Syria.

Jurubicara Badan itu menjelaskan, pihaknya siap menyelidiki informasi apa saja asal relevan mengenai soal itu. Ia menambahkan, pihaknya berharap tiap negara yang mempunyai informasi tentang kegiatan yang berkaian dengan nuklir satu negara lain mau meneruskan informasi itu kepada pihaknya.

Suratkabar New York Times memberitakan hari Minggu bahwa serangan udara Israel di Syria bulan lalu adalah terhadap reaktor nuklir yang setengah dibangun. Berita itu yang mengutip pejabat-pejabat Amerika dan asing yang tidak disebut namanya mengatakan reaktor itu mirip yang dipergunakan Korea Utara untuk menyimpan bahan bakar nuklir.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan lokasi reaktor itu dikenali lewat gambar-gambar satelit awal tahun ini. Badan Tenaga Atom Internasional mengatakan pihaknya sedang menghubungi pemerintah Syria mengenai kebenaran berita New York Times tersebut.

XS
SM
MD
LG