Tautan-tautan Akses

Cina Kecam Rencana AS Berikan Piagam Tertinggi bagi Dalai Lama


Cina mengecam rencana Kongres Amerika untuk memberikan piagam penghargaan tertinggi kepada pemimpin Tibet Dalai Lama, pekan depan.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Cina mengatakan, Cina menentang keras rencana Kongres Amerika menyerahkan yang disebutnya Medali Emas kepada Dalai Lama. Ditambahkan, Cina menentang setiap upaya untuk menggunakan Dalai Lama untuk campur tangan dalam urusan dalam negeri Cina.

Cina mempertanyakan upaya Dalai Lama untuk bertemu dengan para pemimpin dunia, dan menuduhnya diam-diam memajukan separatisme. Bulan lalu, Dalai Lama bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel. Presiden Bush diduga akan menghadiri upacara penyerahan piagam Kongres kepada Dalai Lama, yang akan dilakukan tanggal 17 Oktober.

Sementara itu, Presiden Bush juga akan bertemu dengan pemimpin spiritual Tibet di pengasingan, Dalai Lama, di Gedung Putih minggu depan, dalam kunjungan yang menurut pemerintah hendaknya tidak mengejutkan Cina. Juru bicara Gedung Putih Dana Perino mengatakan hari Kamis, Presiden Bush telah berbicara dengan Presiden Cina Hu Jintao tentang rencana itu pada saat berlangsung pertemuan puncak APEC di Australia.

XS
SM
MD
LG