Tautan-tautan Akses

Bush Tegaskan Kembali Penarikan Sebagian Pasukan AS dari Irak


Presiden Bush hari Sabtu menggunakan pidato radio mingguannya untuk menegaskan kembali kebijakan Amerika di Irak dan berjanji akan menarik sebagian pasukan Amerika dari sana akhir tahun ini.

Presiden Bush mengatakan, ia telah menerima usul Panglima Pasukan Amerika di Irak, Jenderal David Petraeus untuk menarik hampir 6,000 orang tentara Amerika paling lambat akhir bulan Desember.

Anggota Kongres Amerika dari Partai Demokrat, Tom Lantos,dari negara bagian California mengatakan, dalam pidato mingguan partainya, strategi perang Presiden Bush telah gagal. Ia mengatakan, mayoritas orang Amerika menghendaki tentara Amerika ditarik dari Irak.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates, mengatakan, ada kemungkinan jumlah pasukan Amerika di Irak bisa dikurangi sampai hanya tinggal 100. 000 orang pada akhir tahun depan.

Robert Gates mengatakan, ia berpendapat keadaan di lapangan mungkin bertambah baik sehingga jumlah pasukan Amerika dapat dikurangi lebih banyak dari itu. Namun, katanya, itu hanya harapannya bukan rencana khusus Presiden Bush.

XS
SM
MD
LG