Tautan-tautan Akses

Rusia dan Indonesia Menandatangani Kontrak Pembelian Senjata Satu Milyar Dollar


Rusia dan Indonesia telah menandatangani kontrak pembelian senjata satu milyar dollar dalam kunjungan satu-hari Presiden Vladimir Putin ke Jakarta.

Putin hari ini menyetujui kesepakatan untuk memberi Indonesia pinjaman bagi pembelian kapal-kapal selam, tank dan helikopter Rusia serta melengkapi jet-jet tempur Sukhoi yang belum lama dibeli. Pinjaman itu akan dilunasi dalam 15 tahun.

Amerika Serikat semula menjadi pemasok senjata terbesar Indonesia, tetapi kerjasama dihentikan tahun 1999 karena keprihatinan atas pelanggaran HAM di Timor Timur.

Larangan penjualan senjata itu sudah dicabut, tetapi jurubicara kepresidenan Dino Pati Djalal mengatakan Indonesia ingin mengurangi ketergantungan pada Washington. Dia juga mengatakan tidak banyak ikatan yang dilekatkan pada jual-beli senjata dengan Moskow.

Persetujuan itu meliputi ketetapan yang akan mengizinkan Rusia membangun fasilitas peluncuran satelit di pulau Biak Indonesia.

Putin mengatakan Rusia mungkin juga membantu Indonesia membangun sebuah pembangkit listrik nuklir paling lambat tahun 2016.

XS
SM
MD
LG