Tautan-tautan Akses

Taliban Bebaskan Dua Sandera Perempuan Korea Selatan


Taleban hari Senin membebaskan dua perempuan warga Korea Selatan yang sudah hampir sebulan disekapnya. Keduanya diserahkan kepada wakil-wakil Palang Merah yang selanjutnya menyerahkannya kepada wakil-wakil Korea Selatan di Afghanistan selatan. Keduanya tampak dalam kondisi baik namun segera dibawa ke basis militer Amerika untuk pemeriksaan kesehatan. Tidak lama setelah keduanya dibebaskan, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan berseru agar yang 19 orang lainnya yang masih ditahan Taleban juga dibebaskan.

Pembebasan hari Senin itu dicapai lewat pembicaraan langsung selama beberapa hari antara Taleban dan wakil-wakil Korea Selatan yang ditengahi Palang Merah.

Taleban menyebut pembebasan kedua sandera sebagai iktikad baik. Dua sandera lelaki dibunuh bulan lalu setelah pemerintah Afghanistan tidak bersedia memenuhi tuntutan Taleban untuk membebaskan beberapa anggota Taleban dari penjara.

Taleban menculik 23 warga Korea Selatan tanggal 19 bulan lalu ketika mereka melakukan misi kemanusiaan di propinsi Ghazni.

XS
SM
MD
LG