Tautan-tautan Akses

Bush: Afghanistan, Irak Buat Kemajuan dalam Perang Lawan Teror


Presiden Bush mengatakan, Afghanistan dan Irak membuat kemajuan dalam perang melawan terorisme.

Dalam pidato radionya hari Sabtu, Presiden Bush mengatakan, Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan kepadanya, para pejabat Afghanistan dan Pakistan telah bertemu, membahas cara-cara menghadapi kaum ektremis yang menjadikan kedua negara sebagai sasaran. Presiden Bush bertemu dengan Presiden Karzai di kamp David pekan ini.

Mengenai Irak, Presiden Bush mengatakan, strateginya untuk mengirim lebih banyak tentara ke Irak membawa hasil yang baik. Ia mengatakan, sejak Januari, pasukan koalisi telah menewaskan atau menangkap rata-rata lebih dari 1500 teroris al Qaida dan musuh Pemerintah Irak.

Jawaban Partai Demokrat atas pidato Bush itu diucapkan oleh anggota Kongres, Ellen Tauscher. Ia mengatakan, perang di Irak merugikan kesiapan anggota militer Amerika sebab memaksa mereka harus kembali ke medan tempur terlalu cepat.

Biasanya anggota militer yang sudah setahun di medan tempur harus ditarik pulang selama dua tahun. Tetapi sekarang, katanya, anggota pasukan Amerika hanya pulang selama 12 bulan dalam tiap 15 bulan mereka di medan tempur.

XS
SM
MD
LG