Tautan-tautan Akses

AS, India Gagal Capai Persetujuan Dalam Pembicaraan Nuklir Sipil


Para Pejabat Amerika Serikat dan India gagal mencapai persetujuan dalam pembicaraan nuklir sipil yang akan mengakhiri sanksi Amerika selama tiga dasawarsa terhadap perdagangan nuklir dengan India.

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Nicholas Burns dan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri India Shivshankar Menon mengakhiri perundingan tiga hari di New Delhi, hari Sabtu. Nicholas Burns juga bertemu dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh dalam usaha agar dicapai persetujuan.

Setelah pembicaraan Sekretaris Jenderal Menon mengatakan kepada wartawan bahwa India ingin mencapai persetujuan dengan segera. Kedutaan Besar Amerika mengeluarkan pernyataan yang menyebut perundingan itu produktif.

Kedua pihak mengatakan, mereka penuh harapan bahwa persetujuan masih bisa dicapai, tetapi tidak menyebutkan sengketa apa yang harus diselesaikan. Kalau dicapai persetujuan, Amerika akan mengirim bahan bakar dan teknologi nuklir ke India. Sebaliknya, India akan menerima inspeksi PBB terhadap 14 instalasi nuklir sipilnya.

XS
SM
MD
LG