Tautan-tautan Akses

AS Tolak Tuduhan Iran Terhadap Seorang Akademisi Warga AS


Departemen Luar Negeri Amerika menolak tuduhan pihak Iran dan menyebutnya “sama sekali tak masuk akal” bahwa seorang akademisi Amerika keturunan Iran hendak menggulingkan pemerintah Republik Islam itu.

Jurubicara Tom Casey mendesak Iran supaya membebaskan cendikiawan Haleh Esfandiari segera. Esfandiari berkerja untuk organisasi riset yang berkantor di Washington, yaitu Woodrow Wilson International Center for Scholars. Iran tidak mengizinkannya meninggalkan negara itu selama beberapa bulan, dan ia dimasukkan ke penjara Evin di Teheran tanggal 8 Mei.

Hari Senin, Iran mengklaim bahwa Esfandiari, sewaktu diinterogasi, mengatakan ia dan Wilson Center hendak membentuk jaringan komunikasi tidak-resmi dalam upaya menggulingkan pemerintah.

Esfandiari, yang memiliki dwi-kewarganegaraan Amerika dan Iran, dituduh melakukan “kejahatan terhadap keamanan nasional.” Direktur Wilson Center, Lee Hamilton, mengatakan Esfandiari tidak terlibat dalam aktivitas apapun untuk merongrong pemerintah manapun dan Wilson Center tidak terlibat dalam aktivitas semacam itu.

XS
SM
MD
LG