Tautan-tautan Akses

Chaudry: Zaman Pemerintahan Diktator di Pakistan Sudah Tamat


Ketua mahkamah agung Pakistan yang dipecat oleh jenderal Pervez Musharraf mengatakan zaman pemerintahan diktator di negara itu sudah tamat. Ini dikatakan oleh iftikar Mohammed Chaudry dimuka ribuan pendukungnya yang bersorak sorai di Lahore hari Minggu.

Kata Chaudry, negara atau pemerintahan yang tidak percaya akan kekuatan UUD, rule of law dan hak asasi, tidak akan bisa bertahan.

Presiden Musharraf memecat Chaudry bulan Maret atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan. Chaudry naik banding dan kasusnya sedang dalam proses. Sejak pemecatan Chaudry, para pendukungnya telah melancarkan aksi protes besar-besaran menentang Jenderal Musharraf.

Demonstrasi hari Minggu di Lahore ini adalah yang paling besar. Puluhan ribu orang menyambut konvoi mobil yang membawa Chaudry ke Lahore sementara banyak orang menyambutnya dengan taburan bunga.

Demonstran lainnya berseru supaya Musharraf mundur. Kata para pengamat politik, kalau Jenderal Musharraf kehilangan dukungan di kota itu, dia akan menghadapi tantangan besar dalam pemilihan presiden tahun ini.

XS
SM
MD
LG