Tautan-tautan Akses

AS Nyatakan Puas Dengan Hasil Konferensi Internasional Tentang Irak


Gedung Putih mengatakan sangat puas dengan hasil konferensi Irak di Mesir, meski tidak ada pertemuan tingkat-tinggi dengan Iran. Jurubicara Dana Perino hari ini mengatakan, pertemuan demikian tidak pernah ada dalam agenda konferensi itu.

Dutabesar Amerika untuk Irak Ryan Crocker mengatakan dia telah berbicara dengan deputi menteri luar negeri Iran, tetapi hanya beberapa menit. Pada akhir konferensi dua-hari di Sharm el-Sheik itu, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice meminta Iran agar berhenti mempersenjatai kaum ekstremis dan mendukung terorisme di Irak.

Perdana Meneri Irak Nouri al-Maliki juga mendesak negara-negara tetangga Irak menghentikan arus kedatangan kaum militan dan tidak memberi mereka akses untuk mendapat bantuan keuangan dan politik apapun.

Komunike akhir konferensi itu menyatakan kehadiran pasukan Amerika di Irak bukan tanpa-akhir dan akan berakhir atas permintaan pemerintah Irak. Komunike itu tidak menetapkan jadwal seperti diminta sejumlah tetangga Irak.

Menteri Luar Negeri Iran Manoucher Mottaki menyalahkan Amerika atas penderitaan Irak. Katanya, pendudukan Irak hanya memperburuk situasi.

XS
SM
MD
LG