Tautan-tautan Akses

Jendral Petraeus Tuduh Pasukan Iran Bantu Pemberontak Irak


Panglima tertinggi pasukan Amerika di Irak mengatakan tidak diragukan lagi pasukan elit Quds Iran membantu jaringan rahasia kaum ekstremis di Irak. Jendral AD Amerika David Petraeus mengatakan kepada para wartawan di Pentagon hari ini bahwa jaringan sel Al-Khazali menerima bantuan uang, pelatihan di Iran, bahan-bahan peledak dan teknologi tinggi, nasihat dan pengarahan. Tetapi AS tidak memiliki bukti bahwa pemimpin-pemimpin tingkat tinggi Iran terlibat.

Petraeus juga mengatakan kondisi di sana “sangat kompleks dan sangat sulit,” dan ia meramalkan upaya pimpinan Amerika di sana mungkin akan semakin sulit sebelum keadaannya menjadi semakin mudah ditangani. Selanjutnya, ia mengatakan bahwa apa yang dicapai Amerika di Irak terjadi bukannya tanpa pengorbanan. Ia mengatakan sukses di negara itu akan bergangung pada kemajuan dalam pemerintahan Irak.

Jendral Petraeus juga mengatakan tindakan keras di bidang keamanan yang dilakukan bersama antara pasukan AS dan Irak di Baghdad telah mengurangi serangan-serangan sektarian secara cukup berarti dalam bulan-bulan belakangan ini. Tetapi, ia mengemukakan bahwa serangan-serangan seperti itu akan meningkat jika pasukan koalisi ditarik dari ibukota Irak dalam bulan-bulan mendatang.

XS
SM
MD
LG