Tautan-tautan Akses

Iran Akan Bebaskan 15 Personil Angkatan Laut Inggris


Iran akan membebaskan 15 orang personil angkatan laut Inggris yang ditahan sejak dua minggu lalu. Ini dikatakan oleh Presiden Mahmud Ahmadinejad dalam sebuah wawancara pers. Katanya, dia mengampuni para tahanan itu sebagai hadiah bagi rakyat Inggris.

Kata pejabat Iran, warga Inggris itu akan meninggalkan Iran hari Kamis. Perdana menteri Inggris Tony Blair mengatakan pada wartawan di London bahwa dia tidak bermaksud jahat terhadap rakyat Iran dan ingin menyelesaikan semua perbedaan pendapat dengan Iran lewat dialog.

Kata Ahmadinejad, Inggris berjanji dalam sebuah surat resmi tidak akan masuk ke perairan Iran lagi di masa depan. Kata Iran, ke-15 warga Inggris itu ditangkap di perairan Iran, tapi ini dibantah oleh Inggris.

Sementara itu harga-harga minyak dunia turun hari Rabu setelah pengumuman Ahmadi nejad itu. ketegangan antara Inggris dan Iran menimbulkan kekhawatiran akan terganggunya supplai minyak mentah, dan ini mendorong naiknya harga minyak ke tingkat paling tinggi dalam tujuh bulan terakhir.

Tapi segera setelah pengumuman Iran itu, harga minyak mentah untuk penyerahan kemudian turun 49 sen per barrel menjadi 64 dollar 15 sen, di bursa new york. Iran adalah penghasil minyak ke-4 terbesar di dunia.

XS
SM
MD
LG