Tautan-tautan Akses

Ribuan Pendukung Oposisi Taiwan Adakan Demonstrasi di Taipeh


Ribuan pendukung Partai Nasionalis yang beroposisi di Taiwan mengadakan demonstrasi hari Sabtu di Ibukota Taipeh untuk menunjukkan dukungan mereka bagi mantan Presiden Chiang Kai Shek, dan menentang rencana Partai yang berkuasa untuk menyingkirkan warisan bersejarahnya.

Chiang Kai Shek melarikan diri dari Cina daratan ke Taiwan 60 tahun lalu, setelah dikalahkan dalam Perang Saudara, dan menguasai pulau itu dengan tangan besi hampir selama 30 tahun. Peranannya yang bersejarah bersifat kontroversial, dan Partai Progresif Demokratik yang berkuasa atau DPP ingin meralat warisan tersebut.

Partai Progresif Demokratik telah menghapus namanya dari tempat-tempat umum dan patung-patungnya dari pangkalan-pangkalan militer. Sekarang, partai itu hendak memberi nama baru kepada Balairung Raksasa Kenangan baginya di ibukota Taiwan, yaitu Chiang Kai Shek Memorial Hall, dan meruntuhkan tembok-tembok di sekitarnya.

Para pendukung oposisi mengatakan, rencana itu menghambur-hamburkan uang pembayar pajak, dan menyatakan , bahwa bakti Chiang Kai Shek jauh lebih besar dibandingkan dengan kesalahannya.

XS
SM
MD
LG