Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Akan Berkunjung ke Saudi Sabtu Untuk Bahas Masalah Timur Tengah


Pejabat-pejabat Iran dan Arab Saudi mengatakan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad akan berkunjung ke Arab Saudi hari Sabtu untuk mengadakan pembicaraan mencari penyelesaian masalah Timur Tengah.

Seorang pejabat Saudi mengatakan kepada para wartawan hari ini di Riyadh bahwa Presiden Ahmadinejad akan mengadakan pertemuan singkat dengan Raja Abdullah. Pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut namanya, tidak mengatakan apa yang akan dibicarakan oleh kedua pemimpin itu.

Pejabat-pejabat Iran dan Saudi telah berkali-kali bertemu dalam pekan-pekan terakhir ini, membicarakan bagaimana mengurangi ketegangan di Lebanon antara oposisi yang dipimpin Hizbullah dan didukung oleh Iran dan Suriah –dan pemerintah PM Fouad Siniora, yang didukung oleh Arab Saudi dan negara-negara Barat.

Arab Saudi juga adalah salah satu dari beberapa negara Arab yang menyatakan kecemasan mengenai apa yang mereka lihat sebagai pengaruh Iran yang meningkat di Timur Tengah. Iran mempunyai ikatan yang kuat dengan Muslim Shiah di dunia Arab.

XS
SM
MD
LG