Tautan-tautan Akses

Perundingan 6 Pihak Program Nuklir Korea Utara akan Dilanjutkan 8 Februari


Departemen Luar Negeri Cina telah mengukuhkan bahwa perundingan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara akan dilanjutkan pada tanggal 8 Februari.

Departemen Luar Negeri Cina mengatakan hari ini bahwa perundingan yang melibatkan kedua Korea, Rusia, Jepang, Amerika dan Cina akan dilangsungkan di Beijing. Perundingan sebelumnya berakhir pada bulan Desember tanpa tercapai persetujuan apapun.

Pengumuman tersebut dikeluarkan pada saat para pejabat keuangan Amerika dan pihak berwenang Korea Utara melanjutkan pembicaraan mengenai masalah keuangan di Beijing. Deputi Asisten Menteri Keuangan Dan Glaser mengatakan hari ini bahwa dia memperkirakan kemajuan bisa dicapai dalam perundingan kali ini.

Pihak berwenang dari kedua belah pihak akan membahas sanksi keuangan terhadap Korea Utara setelah Amerika menuduh Pyongyang melakukan pemutihan uang dan memalsukan dolar – tuduhan yang dibantah Korea Utara.

Perundingan pekan ini dipandang sebagai persiapan bagi perundingan enam negara mengenai penghentian program nuklir Korea Utara.

Korea Utara telah mengatakan Washington harus mencabut sanksi keuangan yang dikenakannya bulan September tahun 2005 sebelum pembicaraan nuklir dapat dilanjutkan.

XS
SM
MD
LG