Tautan-tautan Akses

Jenazah Saddam Hussein Dimakamkan di Desa Asal Saddam, Dekat Kota Tikrit


Diktator Irak Saddam Hussein yang di-eksekusi dimakamkan sebelum fajar hari ini di desa asalnya Ouja, dekat Tikrit di Irak Utara. Para pejabat setempat mengatakan Saddam dikebumikan disamping putra-putranya Uday dan Qusay di pemakaman keluarga yang dibangun sewaktu dia berkuasa. Ketentuan Islam menganjurkan yang meninggal dikubur pada hari yang sama.

Kepolisian Irak memberlakukan blokade empat-hari di seputar Tikrit segera setelah presiden terguling itu dihukum gantung Sabtu pagi di Bagdad. Video baru menunjukkan para algojo yang berselubung muka mengejeknya sewaktu dia dituntun ke tiang gantungan dan digantung dengan meneriakkan nama musuh besarnya, politisi dan pemimpin milisi Syiah Moqtada al-Sadr.

Reaksi terhadap kematian Saddam tidak seragam di kalangan rakyat Irak. Banyak pemeluk Syiah bergembira-ria di jalan-jalan, sementara sekutu Saddam dari pihak Sunni berduka dan menyatakan kemarahan.

Perdana menteri Irak Nouri al-Maliki mengatakan di Baghdad hari Sabtu kematian Saddam Hussein menutup lembar hitam dalam sejarah negaranya. Dia menambahkan, kebijakan diskriminasi dan marginalisasi yang menghantui Irak selama 35 tahun sudah berakhir.

XS
SM
MD
LG