Tautan-tautan Akses

Jenazah Saddam Telah Diserahkan Kepada Para Wakil Sukunya Untuk Dimakamkan


Jaringan televisi Arab melaporkan jenazah Saddam Hussein telah diserahkan kepada para wakil sukunya untuk dimakamkan. Menurut kabar jenazah diambil oleh anggota suku Albu Nasir dan dibawa ke sebuah tempat di dekat kota asalnya Tikrit untuk kemudian dimakamkan. Dari pihak pemerintah Irak tidak ada konfirmasi mengenai penyerahan jenazah Saddam Hussein itu.

Setelah Saddam dihukum gantung sampai mati Sabtu menjelang subuh, polisi menutup semua jalan menuju Tikrit dan orang tidak diizinkan masuk atau keluar dari sana selama empat hari.

Jaringan media terus memperlihatkan gambar eksekusi itu. Mantan diktator yang berumur 69 tahun itu tampak tenang ketika digiring ke tiang gantungan oleh algojo yang mengenakan tutup muka. Pelaksanaan hukuman gantung sampai mati tidak diperlihatkan, namun gambar-gambar televisi kemudian menunjukkan tubuhnya yang sudah tidak bernyawa dengan kepalanya terpaling tajam.

Reaksi orang di seluruh Irak bermacam-macam. Banyak Muslim Syi’ah merayakannya di jalanan, sebaliknya Muslim Suni bekas sekutu Saddam berdukacita dan marah. Ledakan bom di Baghdad dan dekat Najaf, kota Syi’ah, menewaskan lebih 70 orang.

XS
SM
MD
LG