Tautan-tautan Akses

Pendukung dan Pengecam Bereaksi Terhadap Kematian Mantan Diktator Pinochet


Berita kematian mantan diktator Chili Augusto Pinochet diterima dengan kesedihan tetapi juga ada yang gembira, baik di Chili maupun di berbagai negara. Di ibukota, Santiago, para pendukung Pinochet berkumpul di luar rumah sakit militer dimana ia meninggal dunia, beberapa menangis sementara lainnya menyanyikan lagu “Hidup Pinochet.”

Di tempat-tempat lain di Santiago, orang bergembira ria bersorak-sorai untuk kematian mantan diktator itu. Kontras serupa terlihat di Eropa. Seorang jurubicara mantan PM Inggris Margaret Thatcher mengatakan ia sedih mendengar kematian Jendral Pinochet. Sementara di Spanyol, seorang jurubicara bagi partai Sosialis yang berkuasa menyebut mantan diktator itu tokoh sejarah yang pantas dikutuk.

Di Washington, sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan pikiran Amerika tertuju pada para korban pemerintahan Augusto Pinochet dan keluarga mereka, menyebutnya salah satu periode paling sulit di negara itu. Kemudian pernyataan Amerika itu memuji rakyat Chili karena membangun sebuah masyarakat bebas yang menghormati hak asasi manusia dan menjunjung tinggi kekuasaan hukum.

XS
SM
MD
LG