Tautan-tautan Akses

Bush Berharap Dapat Bekerjasama Dengan Demokrat Soal Kebijakan di Irak


Presiden Bush mengatakan, dia berharap dapat bekerjasama dengan pimpinan baru Kongres dari Partai Demokrat untuk menemukan apa yang dia sebut “cara baru ke depan” mengenai Irak. Bush mengatakan itu sesuai bertemu dengan para pemuka Kongres di Gedung Putih hari ini. Mereka membahas berbagai usul strategi untuk mengakhiri konflik di Irak.

Tokoh Demokrat Nancy Pelosi, yang akan menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat bulan depan, menekankan perlunya diplomasi di wilayah itu. Katanya, tindakan mengenai Irak harus diambil dalam beberapa hari atau beberapa bukan, bukan beberapa bulan lagi.

Hari Kamis di Gedung Putih, Bush mengatakan situasi di Irak “ buruk” dan pendekatan baru diperlukan. Setelah berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, dia mengatakan keputusannya akan dilandaskan pada rekomendasi studi terpisah yang dilakukan Depertemen Pertahanan, Departemen Luar Negeri dan Dewan Keamanan Nasional, serta Irak Study Group.

Kelompok studi yang beranggota kedua partai itu mengeluarkan laporannya hari Rabu. Presiden Bush mengatakan dia akan mempertimbangkan dengan serius laporan kelompok itu, tetapi belum mengisyaratkan apakah dia akan menyetujui apapun yang dianjurkan.

XS
SM
MD
LG