Tautan-tautan Akses

Detektif Inggris Wawancarai Saksi Kunci Pembunuhan Litvinenko di Moskow


Para detektif Inggris di Moskow yang sedang menyelidiki kematian mantan mata-mata Rusia Alexander Litvinenko akibat peracunan radiasi menyaksikan interogasi salah seorang dari dua warga Rusia yang bertemu dengan korban pada hari dia jatuh sakit.

Wawancara dengan pengusaha Dmitri Kovtun itu berlangsung hari ini di Moskow, saat pihak berwajib Inggris mengumumkan mereka meng-klasifikasi kematian Litvinenko sebagai pembunuhan. Pihak berwajib Inggris juga mengatakan jejak-jejak radiasi juga telah ditemukan di kedutaan Moskow di London, tetapi tidak merupakan ancaman pada publik.

Kovtun dan saksi kunci lainnya, Andrei Lugovoi, diketahui telah bertemu dengan Litvinenko di London tanggal 1 November. Litvinenko meninggal tiga pekan kemudian di London akibat keracunan radiasi akut.

Para pakar racun menemukan isotop radioaktif kadar tinggi polonium-210 di tubuhnya. Seorang pengacara yang ada kaitan dengan kasus itu mengatakan, para penyidik Rusia menanyai Kovtum dengan dihadiri para detektif Inggris di rumahsakit yang sama dimana Lugovoi sedang diperiksa bagi kemungkinan terkontaminasi radiasi.

XS
SM
MD
LG