Tautan-tautan Akses

Warga 60 Tahun Ke-Atas Diusulkan untuk Divaksinasi Pencegahan Shingles


Komisi Penasehat Pemerintah telah mengusulkan agar warga Amerika yang berusia 60 tahun ke-atas divaksinasi untuk mencegah Shingles atau penyakit ruam syaraf, yakni, penyakit virus yang menyebabkan lecet dan, kadang-kadang, nyeri syaraf kronis.

Orang yang lanjut usia lebih mudah terkena Shingles, yang disebabkan oleh virus cacar-air. Virus tersebut “tidur” atau tidak aktif, tetapi kemungkinan akan bangkit kembali dalam tubuh kaum lanjut usia yang mengalami penurunan kekebalan.

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan Shingles. Komisi tadi mengusulkan hari Rabu agar warga Amerika berusia di atas 60 tahun memperoleh vaksin Zostavax. Vaksin ini tampaknya menjaga agar virus itu terkendali.

Sementara itu, penelitian terpisah menambah bukti-bukti bahwa dada yang yang di-scan dengan bantuan computer dapat mendeteksi kanker paru-paru yang masih pada tahap awal, dan dapat disembuhkan.

Penulis hasil penelitian itu mendapati bahwa pasien yang menjalani scan dan didiagnosa dengan kanker paru-paru tahap awal, mempunyai kans paling sedikit 80 persen untuk hidup sampai tahun 10 tahun, yang jauh lebih tinggi daripada angka sekarang penderita yang berhasil selamat dari penyakit itu.

XS
SM
MD
LG