Tautan-tautan Akses

Kelompok Sunni Irak Dukung Perjanjian Damai Syi’ah dan Sunni di Mekkah


Pemerintah Irak telah mengambil langkah-langkah yang bertujuan mengurangi kekerasan sektarian di negara itu. Menteri Dalam Negeri Jawad Bolani mengadakan pertemuan darurat dengan Ulama Syi’ah Moqtada al Sadr hari Sabtu, setelah orang-orang bersenjata menyerang kota Amara di selatan sehari sebelumnya, dan mendudukinya sebentar.

Utusan Pemerintah merundingkan gencatan senjata di Amara dalam usaha meredakan ketegangan. Menteri Bolani mengatakan setelah pertemuan, situasi di kota itu sudah teratasi. Sementara itu, partai utama Arab Suni di Irak menyambut perjanjian damai yang ditandatangani oleh para pemimpin kelompok Syi’ah dan Sunni, hari Jum’at di kota suci Mekkah.

Adnan al Dulaimi yang memimpin blok Sunni terbesar dalam Parlemen Irak, mendesak pemerintah dan semua warga Irak agar mendukung maklumat yang terdiri dari 10 pasal itu yang melarang pertumpahan darah antara kedua sekte Muslim tersebut. Tetapi meskipun ada usaha dari pihak Pemerintah dan keagamaan, tindak kekerasan sektarian baru terjadi hari Sabtu di sekitar Baghdad, menewaskan paling sedikit 22 warga sipil.

XS
SM
MD
LG