Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa dan Oposisi Utama Bangladesh Sepakat Bahas Usulan Reformasi


Partai yang berkuasa di Bangladesh dan partai oposisi utamanya telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan babak baru 23 Oktober mengenai seperangkat usul reformasi. Partai-partai yang bersaingan itu telah gagal mencapai persetujuan setelah melakukan 5 babak pembicaraan. Partai yang berkuasa, Partai Nasionalis Bangladesh, akan menyerahkan kekuasaan kepada pemerintahan sementara bulan ini, yang meratakan jalan untuk pemilihan umum.

Partai oposisi, Liga Awami, menuduh beberapa anggota pemerintahan sementara pro-pemerintah. Partai oposisi tersebut dan sekutu-sekutunya telah mengancam akan memboikot pemilu parlemen bulan Januari itu, kalau tuntutan mereka tidak dipenuhi. Amerika Serikat telah menyerukan pemilu yang adil, tanpa-kekerasan, dan layak dipercaya di Bangledesh. Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pemilu tersebut adalah kesempatan yang sangat penting untuk memperkuat lembaga-lembaga demokrasi dan pemerintahan negara itu.

Polisi di Bangladesh mengatakan sekurang-kurangnya delapan orang tewas terinjak-injak di bagian utara negara itu. Pihak berwenang mengatakan insiden itu terjadi hari ini di daerah Mymensingh, Bangladesh utara, dimana lebih dari 1000 orang berdesak-desakan memasuki sebuah pabrik yang membagi-bagikan baju menjelang hari raya Idul Fitri.

Orang-orang Islam yang kaya berusaha mencari pahala dengan cara membagi-bagikan baju atau makanan kepada kaum miskin pada hari raya yang menandakan akhir bulan suci Ramadhan. Hal tersebut mengundang minat ribuan orang miskin, yang memperebutkan hadiah tersebut, kadangkala memicu terjadinya insiden injak-injakan.

XS
SM
MD
LG