Tautan-tautan Akses

Cina Kirim Pejabat Tinggi ke Pyongyang Bahas Krisis Nuklir Korea Utara


Cina hari Kamis mengutus seorang pejabat tinggi ke Korea Utara dalam upaya mengatasi krisis akibat percobaan senjata nuklir Korea Utara. Menurut keterangan para pejabat di Beijing, utusan tersebut telah menemui pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il untuk menyampaikan pesan dari presiden Cina, Hu Jintao. Media pemerintah Korea Utara memberitakan, kedua pejabat membicarakan isu keamanan regional.

Dalam pada itu – menteri luar negeri Amerika, Condoleezza Rice melanjutkan kunjungan ke Korea Salatan dalam lawatannya di Asia sekarang untuk mengumpulkan dukungan bagi sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara.

Dalam wawancara dengan televisi ABC seorang jenderal Korea Utara memperingatkan bahwa perang ‘tidak dapat dielakkan’ jika Presiden Bush terus meminta Korea Utara bertekuk lutut.

Juru bicara pemerintah di Washington mengatakan Presiden Bush tidak berniat hendak merendahkan Korea Utara. Ia menambahkan bahwa Washington ingin memperbaiki kondisi perekonomian dan keamanan Korea Utara maupun juga stabilitas regional.

XS
SM
MD
LG