Tautan-tautan Akses

Korsel, Jepang, dan Cina Memuji Resolusi DK PBB Soal Sanksi Nuklir Korut


Negara-negara tetangga Korea Utara memuji resolusi Dewan Keamanan PBB yang memberlakukan sanksi terhadap Pyongyang karena mengatakan telah melakukan uji coba nuklir pekan lalu.

Kementerian luar negeri Korea Selatan menyambut gembira resolusi dengan kata-kata keras itu hari ini Minggu dan mengatakan negara itu akan “melaksanakannya dengan taat”. Perdana menteri Jepang Shinzo Abe memuji tindakan PBB itu dan mengatakan Tokyo sedang mempertimbangkan sanksi tambahan dari Jepang sendiri.

Dutabesar Cina untuk PBB menyambut sanksi itu tetapi mengatakan Beijing tetap menentang inspeksi muatan yang termaktub dalam resolusi tersebut. Dia memperingatkan negara-negara agar jangan mengambil apa yang dia sebut “tindakan provokatif”.

Resolusi PBB yang disepakati hari Sabtu melarang Pyongyang mengimpor dan mengekspor sejumlah perangklat militer, dan mewajibkan anggota PBB menggeledah kapal-kapal yang menuju atau datang dari Korea Utara. Resolusi itu juga dimaksudkan untuk membuat golongan elit pemimpin Korea Utara Kim Jong Il agak menderita dengan melarang penjualan barang-barang mewah ke negara itu.

XS
SM
MD
LG