Tautan-tautan Akses

Georgia Tidak Akan Mendukung Masuknya Rusia ke Dalam WTO


Gubernur bank sentral Georgia mengatakan Tbilisi dapat menghalangi masuknya Russia ke dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) jika Moskow tidak mencabut sanksi ekonomi terhadap Georgia. Presiden Bank Nasional Georgia Roman Gotsi-ridze mengatakan Rabu kemarin bahwa Georgia tidak akan mendukung masuknya Russia ke dalam WTO yang beranggotakan 149 negara itu selama sanksi masih berlaku.

Russia adalah satu-satunya negara dengan ekonomi kuat yang masih berada di luar kelompok perdagangan dunia itu, dan berharap akan merampungkan negosiasi bulan ini untuk menjadi anggota kelompok itu. Presiden Russia Vladimir Putin memperingatkan Georgia Rabu kemarin agar jangan menggunakan pemerasan dan provokasi, dan anggota parlemen Russia mengesahkan resolusi yang dengan keras mengutuk Georgia karena menahan empat anggota militer Russia pekan lalu atas tuduhan mata-mata.

Georgia mengatakan negara itu memiliki bukti para anggota militer itu melakukan kegiatan mata-mata, tetapi membebaskan mereka hari Senin untuk memperlihatkan yang disebutnya iktikad baik. Kremlin membantah tuduhan tersebut dan membalas dengan memutuskan semua jalur transportasi dan pos dengan Georgia.

XS
SM
MD
LG