Tautan-tautan Akses

Henry Paulson Mendesak Cina agar Membuka Pasar Keuangannya bagi Saingan Asing


Menteri Keuangan Amerika Henry Paulson mendesak Cina agar membuka pasar keuangannya bagi saingan asing, dengan mengatakan ini akan memenuhi kepentingan terbaik ekonomi negara itu.

Dalam ceramahnya hari ini di Universitas Tsinghua di Beijing, Paulson mengatakan dengan mengizinkan penanaman modal asing yang lebih besar dalam perindustrian keuangan Cina, ini akan membuat ekonomi negara itu lebih sehat dan meningkatkan penghasilan investasi bagi tabungan yang meningkat di Cina.

Paulson mengatakan demikian sehari setelah Amerika Serikat dan Cina mengumumkan mereka berencana untuk mengadakan pertemuan tingkat tinggi mengenai masalah ekonomi paling sedikit dua kali setahun. Para pejabat mengatakan persetujuan itu bertujuan untuk menggalakkan kerjasama ekonomi.

Para pejabat Amerika mengatakan pengumuman itu tidak berarti bahwa Amerika Serikat akan mengalah dalam soal-soal seperti keluwesan nilai mata uang Cina. Para pejabat Amerika dan Eropa mengemukakan bahwa nilai mata uang Cina, Yuan, terlalu rendah, yang memberi produk ekspor Cina kelebihan yang tidak adil di pasar internasional.

XS
SM
MD
LG