Tautan-tautan Akses

Rodrigo de Rato: Peningkatan Harga Minyak adalah Ancaman Terbesar Pertumbuhan Ekonomi di Dunia


Direktur Dana Moneter Internasional, IMF, Rodrigo de Rato, memperingatkan bahwa peningkatan harga minyak lebih jauh, ketidak seimbangan ekonomi global dan proteksionisme adalah ancaman terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia.

Dalam pidato pembukaannya hri ini dalam pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Singapura, Rato mengatakan pertumbuhan global mungkin sedang berubah. Walaupun pertumbuhan ekonomi dunia tetap mantap, ia mengatakan, Bank Dunia dan IMF sedang menghadapi tantangan yang sangat besar.

Secara khusus, Rato mengemukakan tentang kegagalan babak Doha perundingan Organisasi Perdagangan Dunia baru-baru ini. Ia mendesak para anggota WTO agar menyelamatkan pembicaraan itu, yang macet bulan Juli karena perselisihan perdagangan hasil pertanian. Direktur IMF mengatakan “pertaruhan terlalu tinggi untuk menerima kegagalan.

Hari Senin, para anggota IMF dengan suara besar menyetujui reformasi untuk meningkatkan suara Cina, Korea Selatan, Meksiko, dan Turki dalam pemungutan suara.

Usul reformasi itu adalah bagian pertama dari rencana dua tahap untuk meningkatkan kredibilitas Organisasi itu.

XS
SM
MD
LG