Tautan-tautan Akses

Ucapan Paus Benedictus Menimbulkan Kemarahan di Negara-Negara Islam


Ucapan paus Benedictus yang menghubungkan islam dengan aksi-aksi kekerasan telah menimbulkan kemarahan di banyak negara yang penduduknya sebagian besar islam. DPR Pakistan hari Jumat mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Paus telah menghina Islam dan Nabi Muhammad.

Kementerian LN Pakistan juga memanggil Dutabesar Vatikan, tapi dutabesar itu mengatakan bahwa ucapan Paus telah disalah-artikan. Ulama syiah yang paling senior di Libanon, Ayatollah Mohammed Hussein Fadlalah menuntut supaya paus minta maaf secara langsung kepada umat islam.

Paus Benedictus membuat komentar yang kontroversial itu dalam pidato di Jerman hari Selasa, dengan mengutip kaisar Byzantium dari abad ke-14 yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad hanya menyebarkan kejahatan dan aksi-aksi yang kejam, seperti perang sabil.

Tokoh-tokoh Islam dari Turki, Irak, Iran, Mesir dan Palestina telah mengecam ucapan paus itu, sementara jemaah Jumat di Kairo dan Teheran melancarkan demonstrasi. Kata jurubicara Vatican, paus menghormati islam dan tidak bermaksud menghina siapapun.

XS
SM
MD
LG