Tautan-tautan Akses

Ratusan Demonstran Anti Perang Unjuk Rasa Dekat Tempat Liburan Bush di Maine


Beberapa ratus pemrotes anti perang beraksi dekat tempat Presiden Bush berlibur di Kennebunkport, negarabagian Maine di Amerika timur laut. Aktivis perdamaian itu beraksi dekat rumah musim panas yang telah berumur satu abad milik keluarga Bush. Rumah bersama kawasan sekelilingnya adalah milik ayah Presiden Bush, mantan presiden George H.W. Bush.

Para pemrotes adalah sekutu aktivis perdamaian Cindy Sheehan yang putranya tewas dalam perang di Irak. Sheehan sudah terkenal secara internasional sering membayangi Presiden Bush di ranchnya di negarabagian Texas. Presiden Bush sendiri tetap melakukan olahraga kesenangannya – berspeda gunung – hari Sabtu maupun juga memancing dari speedboat ayahnya di lepas pantai Maine. Ia bermaksud pulang ke Washington hari Minggu.

Sementara itu, Presiden Bush dijadwalkan akan berkunjung ke New Orleans pekan depan untuk mengkaji tingkat pemulihan yang dicapai sejak taufan Katrina membinasakan kota itu setahun lalu. Lewat pidato radio mingguan hari Sabtu Presiden Bush mengatakan dampak Katrina terhadap kawasan pesisir Amerika di Teluk Meksiko mengungkapkan bahwa pemerintah Federal, negarabagian dan lokal waktu itu tidak siap untuk menangani bencana demikian. Namun, katanya, Pemerintah Federal telah menyediakan 110 miliar dolar untuk berbagai perbaikan sehingga bisa lebih tanggap lagi terhadap keadaan darurat di masa depan.

Bush juga meminta pemerintah negarabagian dan lokal untuk menentukan prioritas dan berani mengambil keputusan yang tangguh dalam membantu membangun kembali kawasan yang binasa. Jawaban Partai Demokrat atas pidato Presiden Bush itu dipercayakan kepada Senator Mary Landrieu dari negarabagian Louisiana. Ia mengatakan, setahun setelah Katrina masih puluhan ribu kepala keluarga yang belum dapat pulang ke rumah mereka. Ia meminta dana yang lebih banyak dari Pemerintah Federal untuk keperluan pekerjaan sipil dan penanganan bencana.

XS
SM
MD
LG