Tautan-tautan Akses

Jepang Mengajukan Protes Resmi kepada Rusia Mengenai Penembakan Seorang Nelayan


Jepang telah mengajukan protes resmi kepada Russia mengenai penembakan hingga tewas seorang nelayan Jepang ketika kapal patroli Russia melepaskan tembakan ke arah sebuah perahu nelayan Jepang di perairan yang diklaim oleh kedua negara.

Pengawal Pantai Jepang mengatakan sebuah patroli Russia melepaskan tembakan ke arah perahu itu dan menahan tiga nelayan lain hari ini dekat pulau-pulau yang diklaim oleh kedua negara. Pulau-pulau tersebut terletak di sebelah timur pulau Hokkaido di Jepang utara.

Kementerian Luar Negeri Jepang memanggil pejabat sementara duta besar Russia, Mikhail Galuzin, untuk memprotes penembakan itu. Kementerian itu menuntut kompensasi atas insiden itu dan menuntut pembebasan segera para nelayan lain yang ditahan. Galuzin mengatakan perahu nelayan itu berada di perairan Russia ketika para nelayan itu ditahan.

Russia telah menduduki empat pulau kecil di wilayah itu sejak Perang Dunia Kedua. Sengketa tersebut telah menghalangi kedua pihak menandatangani perjanjian perdamaian resmi.

XS
SM
MD
LG