Tautan-tautan Akses

Usaha Diplomatik untuk Menyelesaikan Krisis Timur Tengah Beralih ke Malaysia


Usaha diplomatik untuk menyelesaikan krisis Timur Tengah beralih ke Malaysia hari ini.

Menteri luar negeri Amerika dan menteri luar negeri Iran mengunjungi Kuala Lumpur untuk mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Asia, tetapi tidak dengan satu sama lain.

Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice terbang ke Malaysia dari Roma, dimana sebuah perundingan internasional Rabu kemarin gagal memperoleh kemajuan mengenai gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Hizbullah.

Konferensi Roma itu menghasilkan janji untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi warga sipil yang menderita akibat pertempuran sengit di Libanon selatan, tetapi tidak ada kesepakatan mengenai rincian gencatan senjata.

Menteri Rice dan para menteri luar negeri dari lebih dari 20 negara lain, beserta Uni Eropa, turut menghadiri forum regional hari Jumat yang diadakan oleh Perhimpunan Negara negara Asia Tenggara, ASEAN.

Menjelang pertemuan ASEAN itu, Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki diperkirakan akan bertemu hari ini dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Syed Hamid Albar untuk membicarakan krisis Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG