Tautan-tautan Akses

Tony Blair Menyerukan Penggelaran Pasukan Internasional di Perbatasan Libanon dan Israel


Perdana Menteri Inggris Tony Blair menyerukan penggelaran pasukan internasional di perbatasan antara Libanon dan Israel untuk menghentikan serangan lintas-batas. Satu-satunya cara menghentikan permusuhan, kata Blair, adalah pasukan internasional menghentikan serangan roket Hizbullah ke Israel, yang telah mencetuskan serangan berulang-ulang Israel yang bahkan lebih hebat terhadap sasaran-sasaran di pihak Hizbullah di Libanon. Blair menyampaikan proposalnya itu hari ini di St Petersburg, setelah bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan di sela KTT G-8.

Annan mengatakan dia akan membahas perlunya pasukan stabilisasi dengan para pemimpin dunia lainnya di KTT itu. Katanya, pihak-pihak yang berperang harus menyepakati gencatan senjata sesegera mungkin untuk memungkinkan pengerahan pasukan multinasional.

Israel mengatakan terlalu dini untuk mengirim pasukan demikian ke kawasan perbatasan.

Sebelumnya hari ini, Presiden Bush menyambut gembira pernyataan yang dikeluarkan para pemimpin G-8 hari Minggu, yang menghimbau semua pihak mengakhiri serangan militer, tetapi tidak menyebut gencatan senjata segera.

XS
SM
MD
LG