Tautan-tautan Akses

Tentara Israel Bersiap Melancarkan Ofensif Baru ke Jalur Gaza Utara


Pasukan militer Israel telah melancarkan serangan udara baru ke Jalur Gaza selatan, dalam operasi membebaskan seorang prajurit yang diculik kaum militan Palestina. Tentara Israel mengatakan menyerang sebuah pabrik senjata di kota Khan Younis Rabu malam.

Dalam sehari terakhir pasukan dan kendaraan lapis-baja Israel memasuki Gaza Selatan sementara serangan udara menghancurkan jambatan-jembatan dan pembangkit listrik. Tidak ada laporan korban cedera tetapi ratusan ribu penduduk Gaza terputus dari aliran listrik.

Pasukan militer Israel mengatakan mereka juga sedang bersiap melancarkan ofensif ke Jalur Gaza utara, yang membuka front kedua dalam operasi itu. Para pejabat Palestina telah mencela ofensif itu, menyebutnya “hukuman kolektif” bagi penculikan tiga prajurit Israel belum lama ini.

Israel menuduh pemimpin Hamas Khalid Mashaal yang tinggal di Syria sebagai orang yang memerintahkan penculikan prajurit Israel itu. Empat pesawat tempur Israel terbang di atas rumah Presiden Syria Bashar al-Assad Rabu pagi untuk menekannya supaya berusaha membebaskan prajurit tersebut.

Syria menyebut penerbangan itu tindakan agresif dan mengatakan pertahanan udara negara itu menembak pesawat-pesawat tersebut.

XS
SM
MD
LG