Tautan-tautan Akses

Korsel Berencana Mengembangkan Sumber Daya Alam di Laut Jepang


Korea Selatan mengumumkan rencana 5 tahun yang baru untuk menjajaki dan mengembangkan sumberdaya alam di sekitar kepulauan yang diseng-ketakan di Laut Jepang. Kepulauan itu diklaim oleh Korea Selatan dan Jepang.

Kementerian Maritim dan Perikanan Korea Selatan mengatakan hari ini proyek bernilai 36 juta dolar lebih itu bertujuan untuk melestarikan pulau-pulau yang kecil tadi Dalam beberapa minggu ini, Jepang dan Korea Slt. berselisih dengan sengit atas kepulauan yang menjadi daerah sengketa, yang disebut Dokdo oleh Korea Selatan dan Takeshima oleh Jepang.

Perselisihan dimulai setelah Jepang mengumumkan survey maritime dekat kepulauan itu. Korea Selatan membalas dengan mengeluarkan peringatan bahwa Korea Selatan menganggap setiap kegiatan provokasi sekitar kepulauan itu sebagai suatu agresi.

Tokyo setuju membatalkan survey itu.Tetapi, ketegangan meningkat lagi akhir April lalu, setelah Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun menuduh Tokyo menghidupkan kembali ambisi penjajahan dengan mengklaim pulau-pulau itu.

XS
SM
MD
LG