Tautan-tautan Akses

Bush: AS Akan Bekerjasama Dengan Cina Perkecil Defisit Perdagangan


Presiden Bush mengatakan Amerika akan terus bekerja dengan Cina guna memperkecil ketimpangan besar dalam neraca perdagangan antara kedua negara. Namun setelah pembicaraan dengan Presiden Cina Hu Jiantao di Gedung Putih hari Kamis Bush tidak mengemukaan sesuatu kemajuan nyata mengenai soal itu. Cina meraih surplus 200 miliar dolar dalam perdagangan dengan Amerika dan ini amat menjadi kepedulian di Amerika.

Presiden Bush mengatakan Presiden Hu memahami ketimpangan itu tidak dapat dipertahankan. Amerika juga menekan Cina supaya merevaluasi mata uangnya. Kemudian Bush dan Hu Jintao juga membicarakan Iran, Sudan, dan Korea Utara dan keduanya ingin semenanjung Korea bebas dari senjata nuklir.

Presiden Hu Jintao mengatakan negaranya akan terus berusaha agar isu nuklir Korea Utara dan Iran dapat diselesaikan secara damai. Sebelumnya dalam upacara menyambut kunjungan Presiden Hu Jintao, Presiden Bush mendesak agar Cina memberi kebebasan berkumpul, berbicara dan beragama di Cina.

Seorang perusuh berteriak ketika Presiden Hu mengucapkan pidato. Perusuh itu segera digiring keluar tempat penyambutan oleh aparat keamanan. Televisi CNN memberitakan Beijing memblokir siaran CNN ketika memberitakan tingkah si perusuh tersebut.

XS
SM
MD
LG