Tautan-tautan Akses

Israel: Pemerintah Palestina Bertanggung Jawab Atas Pemboman Tel Aviv


Israel menyatakan pihaknya beranggapan pemerintah Palestina pimpinan Hamas bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri hari Senin di Tel Aviv. Tetapi para pejabat mengatakan Penjabat Perdana Menteri Ehud Olmert memutuskan untuk tidak mengizinkan tindakan militer terhadap pemerintah Palestina saat ini.

Keputusan Olmert diumumkan pada sidang kabinet keamanan Israel hari Selasa. Para peserta sidang mengatakan Olmert menolak usul untuk menyatakan Otorita Palestina sebagai “kesatuan musuh,” yang sedianya bisa membuka jalan bagi serangan militer terhadap pemerintah Palestina. Olmert juga mencabut status penduduk tetap bagi beberapa anggota parlemen Palestina yang menetap di Jerussalem Timur.

Israel menyatakan tentaranya telah menangkap setidaknya 40 tersangka di utara Tepi Barat sehari ini. Beberapa saksi mata dekat kota Jenin mengatakan salah seorang yang ditahan adalah ayah pelaku pemboman bunuh diri itu.

Kelompok militan Jihad Islam menyatakan bertanggung jawab atas serangan hari Senin yang menewaskan sembilan orang. Hamas membela pemboman itu, dengan menyebutnya sebagai membela-diri terhadap serangan-serangan Israel.

XS
SM
MD
LG