Tautan-tautan Akses

Mantan Pemimpin Pasukan AS di Irak Serukan Pengunduran Diri Rumsfeld


Jenderal Purnawirawan Angkatan Darat Amerika, John Batiste yang pernah memimpin pasukan di Irak, berseru agar Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld mengundurkan diri. Seruan ini seirama dengan seruan beberapa bekas perwira tinggi militer lainnya.

Dalam wawancara dengan televisi CNN, Batiste mengatakan militer membutuhkan ‘permulaan baru’ dalam pimpinan sipilnya. Mayor Jenderal Batiste pensiun bulan lalu dan tadinya adalah Panglima Divisi Infantri Satu di Tikrit. Batiste bergabung dengan beberapa perwira tinggi lain dari Angkatan Darat dan Korp Marinir yang beberapa minggu belakangan berseru kepada Rumsfeld supaya turun karena caranya menangani perang pimpinan Amerika di Irak.

Mereka menuduh Rumsfeld bersama beberapa pejabat sipil lain tidak menghiraukan pandangan perwira-perwira kawakan pada hari-hari sebelum invasi di Irak tahun 2003. Menteri Pertahanan Rumsfeld menolak semua kritikan. Ketua Gabungan Kepala Staf yang sekarang Jenderal Marinir Peter Pace membela Rumsfeld. Juru bicara Gedung Putih hari Kamis mengatakan Presiden Bush berpendapat Rumsfeld melaksanakan tugasnya dengan amat baik.

XS
SM
MD
LG